Bejana Tembaga HoaxFoto: Naaptol.com & Dmart.in

Cangkir tembaga hoaks, kami jawab

Setelah kami menuliskan tentang manfaat tembaga yang jarang kita tahu, kami melihat ada artikel yang mengatakan bahwa minum pakai cangkir tembaga itu hoaks. Namun setelah kami baca isi artikel nya. Ternyata merekapun kurang memberikan penekanan. Dan kalau kita tidak rinci membacanya bisa jadi kita salah persepsi dan akan mengatakan hoaks juga pada bejana tembaga.

Dalam sebuah artikel yang pada web kompas tersebut, mereka menyebutkan bahwa minum pakai cangkir tembaga itu hoaks. Tetapi yang mereka sebut hoaks adalah berkaitan dengan meminum menggunakan cangkir berbahan tembaga. Bukan menggunakan bejana tembaga seperti yang sudah kami bahas pada artikel ini.

Sehingga kedua artikel tersebut tidak dalam posisi saling menggugurkan. Kompas bilang pada kasus minum pakai cangkir tembaga. Sedangkan kami mengatakan tentang manfaat menggunakan wadah tembaga sebagai tempat menyimpan air minum. Ada bedanya, karena air minum istirahat dulu pada wadah tersebut sebelum diminum. Sedangkan kalau bentuknya adalah cangkir, maka air hanya akan sebentar saja berada pada cangkir itu sebelum kita meminumnya.

Dalam artikelnya Kompas mengutip pendapat Dr John Musgrave dari Universitas Adelaide yang mengatakan “Pot tembaga untuk menyimpan air telah terbukti dapat membunuh bakteri. Tetapi sekali lagi Anda harus membiarkannya di sana selama beberapa waktu. Tidak hanya menuangkannya ke dalam cangkir, meminumnya, dan semuanya baik-baik saja,”

Nah, malahan jelas kan dalam artikel tersebut Dr John pun setuju dengan apa yang kami sampaikan. Artinya kami tidak menyampaikan hoaks tentang menyimpan air pada bejana tembaga. Karena Dr John hanya membantah tentang cangkir, bukan bejana seperti yang kami tuliskan. Terimakasih.

Bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published.